Album Terbaru SID "Sunset Tanah Anarki"



Grup band punk rock asal Bali, Superman Is Dead (SID), merilis album terbaru yang diberi judul "Sunset di Tanah Anarki". Album ini menjadi album kelima di bawah bendera Sony Music Indonesia.


Menurut drummer SID, Jerinx, judul album Sunset di Tanah Anarki diambil dari pendapat mereka tentang kehidupan di negara ini. Sejak kemunculannya di dunia musik tanah air, SID kerap menonjolkan lirik yang mengangkat kemanusiaan, kesetaraan dan perdamaian.

"Di Indonesia masih banyak yang salah persepsi soal anarki, padahal anarki itu kebebasan. Sunset itu persepsi negara yang sangat kaya. Jadi, secara tidak sadar rakyat Indonesia tinggal di negara kaya, tapi masih terjajah. Kita berharap perubahan lebih baik untuk negeri ini," kata Jerinx saat ditemui di kantor Sony Music, Jakarta, Senin (21/10).

Bobby Kool (vokal, gitar), Eka Batu (bass), Jerinx (drum) menciptakan 17 lagu dalam album ini, dengan memilih "Jadilah Legenda" sebagai single pertama. Menurut Jerinx, mereka sengaja memasukkan 17 lagu karena bertepatan dengan ulang tahun SID ke-17.

"Tadinya 13 lagu, tapi karena pas ultah yang ke-17, ya kita bagi lagunya, kita tambah jadi 17 lagu. Lagu kedua nanti 'Belati Tuhan'. Musiknya oleh Bobby. Lagu ni agak absurd, interpretasi orang pasti akan beda-beda soal lagu ini. Sekarang punk rock SID lebih ke kita saat berkarya tidak terjajah, bukan lagi dari segi genre," tambah Jerinx.

Album ini telah dirilis secara digital sejak 16 Oktober lalu dan dalam kurun waktu seminggu, sudah menduduki peringkat kedua chart iTunes. Dalam album ini, SID juga lebih banyak menggunakan Bahasa Indonesia dalam liriknya. Ini adalah bentuk pembelajaran baru bagi mereka menuliskan lirik lagu dalam Bahasa Indonesia.

"Pemilihan bahasa sebenarnya enggak ada skenario, mengalir gitu aja. Di awal kerja sama kita masih kesulitan buat lagu Bahasa Indonesia. Bukan karena enggak nasionalis, tapi karena sering dengar musik barat. Tapi, kita terus belajar dan sekarang lebih banyak buat lagu bahasa Indonesia," ungkap dia.


Sumber : Metrotvnews.com

0 comments:

Post a Comment