Visual Basic

     Visual Basic  merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM), Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat, Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.[1] Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan.[1] Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas.[1]Dalam sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005, 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java.


     Visual juga dapat diartikan turunan bahasa pemrograman BASIC serta menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis dengan cepat. Bahasa-bahasa skrip, seperti Visual for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip dengan Visual Basic, tetapi berbeda cara kerjanya.

Sejarah

Pendiri Microsoft, Bill Gates mengawali bisnis perangkat lunak dengan mengembangkan interpreter bahasa basic untuk Altair8800. Setelah itu, diubah agar mampu berjalan di atas IBM PC dengan sistem operasi DOS. Kemudian diluncurkanlah BASICA untuk DOS dan akhirnya muncullah Visual Basic.
Pemprograman ini sangat mudah bagi pemula dan programmer musiman karena menghemat waktu pemprograman dengan komponen-komponen siap pakai yang tersedia.

Fungsi bahasa Visual Basic

Fungsi adalah suatu prosedur yang dapat menerima berbagai nilai untuk kemudian diolah dan memberikan hasil sebagai umpan baliknya. Nilai yang dimasukkan ke dalam suatu fungsi disebut parameter, yang dapat berupa berbagai jenis angka, string, dan sebagainya

Dan Aplikasinya dapat di Download disini.
Semoga bermanfaat bagi kita semua.

2 comments:

  1. manteb software ini soalnya dari semester 1 sampe semester 3 ini software melulu yang dipakai hahah , happy blogging bro :D

    ReplyDelete
  2. oke gan.....salam kenal...semoga bermanfaat...

    ReplyDelete